Kata Sapaan ‘Kak’

Hallo Kak, barangnya ready? Harga satuannya berapa ya?

Kata sapaan ‘Kak’ kini sudah mulai lazim digunakan pada era sekarang ini, kata sapaan Kak merupakan kependekan (sebutan singkat) untuk merujuk pada kata sapaan Kakak.

Sebutan Kak populer semenjak maraknya aktifitas kegiatan jual-beli online di beberapa marketplace online seperti Tokopedia, Shoopee, dan lainnya.

Kata sapaan ini biasanya digunakan untuk menyebut kata ganti orang dalam sebuah interaksi (umumnya dalam chat) dalam interaksi jual beli online.

Sebutan Kak ini juga mirip-mirip dengan kata ganti orang ‘Bung’, kata sapaan Bung (yang artinya : bang, abang = kakak laki-laki) dahulu sangat popoler untuk menyebut kata ganti orang tunggal, contoh : Bung Karno, Bung Hatta, dan sebagainya. Sampai kini kata sapaan Bung masih populer dikalangan pecinta sepak bola, biasanya diucapkan oleh presenter sepakbola.

Sebutan Kak dinilai lebih luas dan general, karena kita tidak tahu gender lawan interaksi kita. Kata ganti sapaan Kak tidak mengenal jemis kelamin, karena sapaan Kak bisa untuk laki-laki atau perempuan. Sedangkan untuk kata sapaan Bung lebih ke arah laki-laki.

Sehingga kata sapaan Kak dinilai lebih praktis dan tepat untuk menyapa lawan bicara kita yang kita tidak tahu jenis kelaminnya.

Oiya, kata sapaan Kak juga dulu (dan sampai sekarang) masih popoler di kalangan Pramuka. Panggilan Kak ini dilakukan oleh adik-adik kepada kakak-kakak yang tingkatannya lebih tinggi ataupun kepada pembina Pramuka.

Dalam Pramuka, kata sapaan Kak telah diatur dalam Surat Keputusan (SK) Kwarnas Nomor : 137 tahun 1987 tentang Penyempurnaan PP Gudel Pramuka.

Yang kemudian diperbarui dalam Keputusan Kwartir Nasional Nomor : 231 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan (Jukran) Gudep Pramuka.

Sekarang penggunaan sapaan kata ganti orang ‘Kak’ juga sering digunakan dalam suatu chatting (misalnya dalam chat WA) dengan lawan bicara yang tidak diketahui usianya.

Mengingat walaupun kata sapaan Kak sebenarnya kependekan dari kata Kakak (yang berarti sapaan/kata ganti untuk orang yang lebih tua), namun kini kata Kaka ataupun Kakak dalam arti tertentu (dalam arti untuk sapaan) mengalami pergeseran makna. Kata Kak kini dimaknai secara general untuk penyebut kata ganti orang (sapaan) kepada lawan bicara kita yang tidak kita ketahui jenis kelamin dan usianya.

Kata Kak ini sifatnya ‘akrab’ namun tidak untuk kata ganti sapaan yang bersifat formal. Digunakan untuk percakapan yang sifatnya tidak terlalu formal.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*