Pilpres yang Membingungkan

Hallo teman-teman semua apa kabar?

Berkutat seputar Pemilu (Pemilihan Umum) di Indonesia memang cukup mendebarkan, kenapa? Ya, akhir-akhir ini kalau ngobrol soal vote suara hati dalam memilih akan punya ‘pemikiran’ dan pendapat masing-masing setiap orang. Yang repot adalah terkadang sikap fanatisme yang berlebihan terhadap apa yang dipilihnya paling baik dan cenderung menyerang atau menyalahkan lainnya yang tidak sepaham.

Pada Pemilu 2019 ini yang diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019 secara serentak di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia. Rakyat Indonesia yang sudah terdaftar sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap) yang ditetapkan oleh KPU (Komisi Pemilihan Umum) mempunyai hak untuk memilih :

  1. Presiden dan Wakil Presiden.
  2. Anggota DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) Republik Indonesia. (DPR Pusat).
  3. Anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Provinsi.
  4. Anggota DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota/Kabupaten.
  5. Anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah).

Cukup membingungkan memang karena kelima surat suara tersebut dilaksanakan pemungutan suaranya dalam sesi waktu yang bersamaan. Jadi nanti akan ada 5 surat suara yang akan dicoblos.

Milih presiden dan wakil presiden saja sudah bingung. Masing-masing kubu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden bersikukuh dengan mengatakan kubunyalah yang paling baik dan tak jarang juga kubu calon presiden dan calon wakil presiden ini saling menjatuhkan lawan kubu oposisinya.

Milih presiden dan wakilnya saja sudah bingung ditambah dengan milih anggota DPRnya tambah bingung. Untuk yang calon anggota DPR-DPDnya juga sepertinya kurang sosialisasi dibeberapa daerah, calon-calon legislatifnya juga siapa saja, masyarakat sebagian malah ada yang tidak tahu.

Walau bagaimana pun, sebagai warga negara yang baik kita wajib untuk menyuarakan suara kita dalam Pemilu nanti. Maka dari itu sangat penting sekali untuk mengenali dan mengkaji calon-calon yang akan ‘bertarung’ dalam Pemilu nanti.

Mari kita kenali para calon-calon legislatif yang berpartisipasi dalam Pemilu ini.

Suara Anda sangat berarti untuk menegakan dan menjunjung demokrasi di Republik Indonesia ini.

Mari kita wujudkan pemilu yang damai, langsung, jujur dan adil.

Salam Demokrasi Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*