Jalur Cadas Pangeran yang Legendaris

Jalan Nasional Cicadas Pangeran, Sumedang

Jalan Nasional Cicadas Pangeran, Sumedang

Cadas Pangeran merupakan suatu kawasan di Kabupaten Sumedang provinsi Jawa Barat yang terdiri dari bukit-bukit cadas, terdapat Jalan yang membelah bukit cadas tersebut. Jalan ini sering disebut Jalan Cadas Pangeran.

Banyak sejarah mengenai Jalan cadas pangeran ini, dari mulai kontur jalan yang ekstrim (naik turun dan berkelah-kelok), juga cerita mistis yang menyertainya.

Jalur ini merupakan jalur satu-satunya penghubung antara Bandung dengan Cirebon melalui kabupaten Sumedang. Di sisi kanan kiri jalan terdapat banyak tebing dan jurang, kondisi alam yang seperti ini senantiasa menyertai dalam perjalanan melewati jalur ini.

Setiap hari jalur ini dilalui berbagai macam kendaraan besar dan kecil seperti bus, truk, mobil dan sepeda motor karena memang jalu ini jalur satu-satunya. Jalur ini juga lumayan sering longsor, karena dibangun di tebing perbukitan cadas dan tanah. Jalur ini melewati dua kecamatan; Kecamatan Pamulihan dan Kecamatan Sumedang Selatan.

Namun kini Jalur Cadas Pangeran ini sudah tidak sepadat dahulu dikarenakan beberapa pengendara kendaraan roda empat keatas sebagian ada yang memilih untuk melewati jalan tol dengan alasan mempersingkat waktu tempuh dan juga menghindari medan yang ekstrim di jalur Cadas Pangeran.

Kawasan Cadas Pangeran, Sumedang

Kawasan Cadas Pangeran, Sumedang

Sebenarnya Perjalanan dari Bandung ke Cirebon atau sebaliknya lebih pendek melewati jalur Cadas Pangeran ini dari pada melewati Jalur Tol Purbaleunyi – Cipali, namun karena banyak faktor seperti medan yang ekstrim, juga banyak kendaraan besar seperti truk yang berjalan lambat karena beban berat ditambah dengan jalan yang menanjak di Cadas Pangeran, sehingga beberapa pengendara kendaraan roda empat (mobil) memilih tidak melewati rute ini.

Dulu saya sering wira-wiri dari Kota Tegal ke Kota Bandung dan sebaliknya melintas di jalur Cadas Pangeran ini, jalurnya memberikan kenangan tersendiri, deru mesin menderu disartai asap dari kendaraan besar yang nampak ‘ngos-ngosan’ melintas di jalur ini.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*