Smart SIM (SIM Baru) 2019

Tulisan singkat.

Hallo teman-teman, kemarin-kemarin atau tepatnya pada hari Kamis tanggal 17 Oktober 2019 saya mengurus peningkatan golongan SIM (Surat Ijin Mengemudi) dari SIM golongan A menjadi SIM Golongan B1. Sebelumnya SIM A saya memang belum habis masa berlakunya, namun saya bermaksud menaikan golongan SIMnya menjadi SIM golongan B1 agar bisa dipergunakan untuk mengemudikan kendaraan yang lebih besar, yang memang seharusya menggunakan SIM golongan B1.

Perlu diketahui bahwa SIM golongan A diperuntukan bagi pengemudi kendaraan bermotor mobil penumpang dan barang perseorangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan tidak melebihi 3.500 Kg.
Sedangkan SIM golongan B1 diperuntukan bagi pengemudi kendaraan bemotor mobil penumpang dan barang perseoangan dengan jumlah berat yang diperbolehkan lebih dari 3.500 Kg.

Yang menarik pada saat penerbitan SIM baru saya, SIM yang saya dapatkan adalah SIM keluaran terbaru atau yang sekarang disebut dengan smart SIM. Bentuk fisik dari smart SIM ini tidak jauh berbeda dengan SIM terbitan sebelumnya, hanya saja terdapat penambahan fungsi lain, diantaranya adalah dapat digunakan sebagai electronic money (E-money) untuk berbagai macam transaksi, seperti untuk bayar tol dan lainnya.
Keterangan : pada saat tulisan ini ditulis, saya belum mencoba fasilitas e-money di smart SIM terbaru ini.

Selain itu, SIM ini juga untuk data kepentingan pencatatan atau semacam track record pengemudi. SIM ini juga menampung data identitas pemegang SIM, data ini ada didalam chip yang tertanam di smart SIM ini.

Nah, bagi teman-teman yang memiliki SIM terbitan sebelumnya namun masa berlakunya masih lama, tidak perlu repot-repot mengurus smart SIM ini, karena SIM terbitan sebelumnya masih berlaku kok, sepanjang tanggal masa berlaku yang tertera pada SIM masih belum kadaluarsa.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*