Seputar Pemadaman Listrik di Sebagian Pulau Jawa

Komentar menyoal pemadaman listrik secara serentak di sebagian wilayah di Pulau Jawa. Minggu, 04 Agustus 2019.

Beberapa hari lalu, masyarakat di sebagian wilayah pulau Jawa (sebagian Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten) ‘dipusingkan’ dengan adanya pemadaman aliran listrik (blackout).

Waktu pemadaman bervariasi di tiap daerah. Di Kota Tegal, Jawa Tengah, pemadaman dimulai sekitar pukul 09:00 sampai dengan sekitar pukul 16:00. Didaerah lain bahkan ada yang hampir seharian padam.

Dengan adanya pemadaman ini tentu berdampak kepada kerugian materi dan non materi. Pelayanan umum juga terganggu (layanan perjalanan kereta Commuter Line, MRT), jaringan internet beberapa provider dan operator juga sempat down karena pemadaman listrik. Kesemrawutan arus lalu-lintas di sejumlah kota yang terdampak pemadaman listrik akibat sistem traffic light tidak berfungsi.

Komunikasi telekomonikasi dan daring pun menjadi seketika sulit saat itu karena jaringan terganggu akibat pemadaman listrik serentak.

Beberapa hari setelah terjadi pemadaman, bergulir berita di media massa tentang dugaan penyebab terganggunya distribusi listrik sehingga menyebabkan pemadaman listrik secara serentak.

Pohon Sengon dikabarkan menjadi ‘penyebab’ terganggunya jaringan listrik. Pohon Sengon yang terletak di desa Malom, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah diduga menjadi sebabnya. Tinggi pohon itu kabarnya (hampir) menyentuh jaringan kabel Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) milik PLN sehingga terjadi gangguan.

Berita pemadaman listrik ini sampai menyebar keluar negeri, sehingga Presiden Indonesia, Jokowi, meminta penjelasan terkait terjadinya pemadaman listrik dari PT.PLN (Persero) selaku BUMN yang mengelola listrik di Indonesia.

Meski begitu, PLN pada akhirnya ‘dapat’ mengatasi keadaan, dan dengan berangsur-angsur dapat mengurangi area pemadaman hingga keadaan kembali stabil. Sehingga dalam beberapa hari kedepan sudah mulai tidak terganggu distribusi listriknya.

Salam.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*