Undang-undang ITE, Pasal 27 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE

Sebelum membuat dan mengirim pesan elektronik (Email, SMS, Chat, WA, dan lain sejenisnya) sebaiknya harap diperhatikan dahulu Pasal 27 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, berikut :

BAB VII
PERBUATAN YANG DILARANG

Pasal 27

(1)
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

(2)
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian.

(3)
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

(4)
Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman.

BAB XI
KETENTUAN PIDANA

Pasal 45

(1)
Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rpl.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Mari kita lebih bijak dalam mengirim pesan elektronik.

Salam Indonesia.

Leave a comment

Your email address will not be published.

*